Kamis, 09 Desember 2010

Jember Fashion Carnaval

Baru-baru ini kota Jember baru melaksanakan Jember Fashion Carnaval (JFC) untuk memperingati ulang tahun provinsi Jawa Timur yang ke-65 pada tanggal 10 Oktober 2010 lalu.
Sebuah event spektakuler Fashion Carnaval on The Street, dengan konsep kostum trend fashion dunia. Diikuti oleh sekitar 600 orang peserta yang disaksikan langsung oleh ratusan ribu penonton. Telah tercatat di MURI sebagai peragaan dengan catwalk terpanjang 3,6 Km





Meningkatkan aset sumber daya manusia dan kekayaan budaya daerah tidak selalu harus melalui penggalian peninggalan budaya lama. Kita dapat saja mencapai tujuan diatas melalui penciptaan sebuah maha karya baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Sebab kebudayaan itu sendiri selalu berawal dari ketiadaan.
Fashion Carnaval dengan tema trend fashion dunia tidak dimiliki oleh daerah lain, bahkan di dunia pun belum ada yang mengangkat potensi ini. Melalui penyelenggaraan event yang memiliki konsep yang jelas, SDM yang berkualitas, dan berkesinambungan, maka akan menjadi potensi unggulan yang nantinya dapat memberikan multiplier efek terhadap potensi lainnya. 

Rabu, 17 November 2010

Travelling to Surabaya

Surabaya yang terletak di Jawa Timur adalah kota ‘terbesar’ setelah Jakarta. Surabaya dikenal dengan julukan Kota Pahlawan karena kejadian pada tahun 1945 lalu. Ternyata Surabaya menyimpan banyak tempat wisata yang menarik loh. Let’s see!

1.       Surabaya Town Square
Kalau di Jakarta namanya Cilandak Town Square (Citos) Surabaya punya Surabaya Towb Square (Sutos). Sutos merupakan salah satu modern mall yang ada di Surabaya dan letaknya ga jauh dari pusat kota. Biasanya Suros menjadi tempat hangout para kawula muda Surabaya. Selain mall, Sutos juga menjadi satu dengan hotel yang berada di sebelahnya loh.

2.      Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Ini tempat yang wajib dikunjungi kalau kamu sedang bersinggah di Surabaya. KBS ini adalah salah satu kebun binatang terpopuler di Indonesia. KBS juga kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Terdapat 351 spesies binatang di sini. KBS juga mempunyai koleksi satwa langka di dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia dan Pisces. Harga tiket nya juga terjangkau kok. KBS bisa menjadi tempat wisata belajar juga loh.

3.     Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan adalah symbol kota Surabaya. Monumen stinggi 45 meter ini menjadi tempat wisata alternatif bagi para penduduk Surabaya maupun wisatawan. Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa 10 November 1945 dimana para pejuang melawan Belanda dengan taruhan nyawa. Monumen ini berada di tengah-tengah kota dan dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur. Di bawah monument ini terdapat museum untuk mengenang jasa para pahlawan. Wisata Sejarah ini wajib dikunjungi untuk kamu yang suka banget sama sejarah.

4.     Food Festival
Sepeti Kemang Food Festival, Surabaya juga punya Food Fest sendiri. Kalau kamu lapar atau ingin sekedar nongkrong di sinilah tempatnya. Food fest dibuka tiap hari dari jam 17.00-00.00. Food fest terletak di pakuwon city dan berkonsep semioutdoor. Food fest juga menyediakan berbagai macam permainan juga.
 Itu dia tempat-tempat wisata di Surabaya. Ngapain mahal –mahal berlibur sampai ke luar negeri, ternyata di negeri sendiri tempatnya lebih asyik asik

Selasa, 16 November 2010

Tips for you

Ada beberapa tips buat kamu nih. Mungkin aja berguna
1.  Jika kamu mau membeli sepatu sebaiknya kamu tes dulu sepatu itu dengan melompat lompat kecil, berdiri pada satu kaki dan berjalan. Hal ini dilakukan unuk menghindari tidak ketidaknyamanan saat memakai sepatu tersebut
2.  Untuk menghapus kotoran pada sepatu bewarna terang kamu bisa menggunakan odol pada kain kering dan gosokkan pada tempat yang terkena kotoran. Kalau tidak ada odol kamu juga bisa membersihkannya dengan Vaseline
3.  Stocking mu robek? Ga masalah asal kita tahu cara menyamarkannya bisa tampak cool loh. Caranya ambil sisi dalam stocking dan rekatkan dengan cat kuku yang bening
            Semoga cara cara di atas berhasil good luck ya!

Quotes of The Day

“So soon as a fashion is universal, it is out of date” –Marie von Ebner

Minggu, 14 November 2010

Quotes of The Day


“ If you think you couldn’t do mix and match, just wear dress” –Dilla, Street Styler

Jumat, 12 November 2010

Our Traditional Clothes

Indonesia kan kaya banget akan budaya. Sekitar 300 suku tersebar di seluruh Indonesia loh. Makanya kita harus banget sama negeri kita sendiri ƪˇ)¬.
Nah sekarang ayo buktikan bahwa kamu tuh cinta dengan budayamu sendiri. Dengan kamu mengetahui berbagai macam pakaian daerah dari nusantara, berarti kamu juga ikut berpartisipasi walaupun kamu ngak memakainya. Ayo Kita mengenalnya!

Ini pakaian daerah dari provinsi paling barat Indonesia yaitu Aceh. Ini pakaian daerah ku loh \(•ˆˆ​​​​•)/ I proud of it yeah! Dipakaian untuk pria nya ada topi yang tinggi ke atas yang disebut kopiah mukeutop yang dihiasi corak sulaman emas. Untuk pakaian bagi wanitanya aa berbagai pernak pernik yaitu taloesusun Ihee yaitu semacam kalung yang ada di dada. Terdiri dari 3 buah batangan yang berbentuk paruh sapi dan taloe keuing semacam ikat pinggang yang dipakai diperut. Pergelangan tangan dihias juga oleh yleung pucok reubany (gelang pucuk rebung).







Minangkabau, Minangkabau oh Minangkabau! Gambar disamping adalah pakaian khas daerah Sumatra Barat. Semua orang pasti tau ciri khas dari pakaian daerah yang satu ini. Untuk yang wanitanya memakai topi berbentu segitiga dan memakai baju kurung.














Gambar di samping adalah pakain khas Sumatra Utara yang biasa kita sebur dengan suku Batak. Teknik tambal pada baju adat pria Nias ini, tersusun dari potongan-potongan kain yang dijahitkan di atas kain beludru hitam.













Ini dia pakaian asli Betawi yaitu suku asli Ibu Kota Jakarta. Pakaian adat Betawi dipengaruhi oleh unsu budaya Cina dan Sunda. Hal ini bisa kita lihat dari pakaian adat wanitanya yang menutupi mukanya dengan hiasan seperti tirai.












That’s lampung’s traditional clothes. Untuk laki-laki penutup kepalanya disebut dengan kain kikat yang terbuat dari kain batik batik. Di kepala wanita terdapat siger yaitu mahkota berbentuk seperti tanduk yang terbuat dari lempengan kuningan yang ditatah hias titik-titik rangkaian bunga.Mempelai wanita juga dihiasi oleh selambok yaitu kalung, kelai pungew dan alali (cincin emas)








 Beralih ke daerah Bengkulu. Bengkulu terkenal dengan panaroma lautnya yang indah. Pakaian adat dari Bengulu juga indah loh. Dengan nuansa yang serba merah membuat melambangkan semangat. Wanita dan pria memakai penutup kepala yang sama. Masing-masing juga memakai selendang yang dililitkan di leher. 




Umumnya masyarakat Jawa pakaian adatnya adalah kebaya dipadukan dengan kain batik dan sanggul khas Jawa. Kebaya dibuat dengan berbagai motif seperti bunga dan sebagainya. Untuk pria mereka memakain blangkon dan jas bewarna hitam dan kain batik.





 Nah, banyak bukan pakaian adat Indonesia? Oleh karena itu kita harus melestarikannya.